Minggu, 02 Oktober 2011

Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Oleh Desainer


Anda yang sedang belajar tentang desain grafis, seperti web design, memahami penggunaan software grafis seperti adobe photoshop saja masih belum cukup membawa anda menjadi desainer yang sukses. Karena software hanyalah alat bantu yang anda gunakan untuk membangun desain anda, merealisasikan desain anda. Banyak orang menganggap dirinya seorang desainer karena sudah mahir menguasai software grafis seperti photoshop. Padahal seorang bisa di sebut desainer apa bila dia mampu memahami estetika dalam desain, mampu berkomunikasi secara visual, memahami teori seni, dan lain sebagainya.



Memang sekarang terlalu banyak beredar buku yang membahas hal teknis dalam desain seperti penggunaan software dan tips triknya. Sangat jarang buku yang membahas tentang teori design. Kecuali buku-buku untuk keperluan sekolah ataupun perkuliahan dengan jurusan multimedia atau sejenisnya.

Ada kemampuan dasar yang harus anda pelajari dan kuasai sebelum mendesign. yaitu:
Nirmana
Nirmana adalah ilmu yang mempelajari tentang elemen-elemen desain grafis beserta prinsip-prinsip desain grafis. Didalamnya kita akan mempelajari tentang garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya.

Typografi
Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Pewarnaan
Pewarnaan penting bagi pencitraan hasil karya desin grafis, karena dengan warna seseorangan akan memahami estetika dari gambar yang kita buat. Warna masuk dalam ilmu nirmana tetapi sebegitu pentingnya sehingga pewarnaan saya buat point tersendiri.

Software
Software adalah pendukung dari apa yang bisa Anda hasilkan, dilihat dari bidangnya software desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis 2 dimensi dan pengolah grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak, digital dan multimedia.

Scetch
Lebih mudah dinamai dengan menggambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak begitu mempengaruhi hasil karya Anda dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dan efeknya adalah memudahkan Anda dalam mengolah karya desain menggunakan software.

Kemampuan umum
Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar